Frequently Asked Questions
Troubleshoot Penanganan Gangguan Jaringan Layanan Vsat
Troubleshoot Pengecekan :
1. Pastikan semua perangkat jaringan dalam keadaan hidup, listrik menyala.
2. Perhatikan Lampu Indikator di Modem Telkom ( HUGHES )
- Pastikan lampu indikator modem menyala semua
( POWER )( SYSTEM )(RECEIVE)(TRANSMIT)(LAN)
- Lampu SYSTEM tidak menyala, menandakan gangguan terjadi pada modem
- Lampu RECEIVE, TRANSMIT tidak menyala, menandakan gangguan pada tansmisi/sinyal satelit
- Lampu LAN tidak menyala, menandakan gangguan terjadi pada koneksi dari modem ke perangkat Router CISCO
bisa diakibatkan oleh :
a. router rusak/mati.
b. Kabel lan rusak/longgar/berkarat/putus.
c. Kerusakan modem.
penanganan : Coba matikan modem selama 20 detik dan nyalakan kembali
3. Lakukan tes koneksi bypass dengan cara sambungkan modem langsung ke PC/laptop dengan terlebih dahulu seting IP Address menjadi IP WAN TELKOM ( IP WAN dapat menghubungi EOS TELKOM)
- matikan FIREWALL PC/Laptop dan Antivirus
- lakukan tes ping ke IP WAN TELKOM dan tes ping IP server pusat (aplikasi, email, dns) dan beritahukan hasil ping tersebut.
1. Pastikan semua perangkat jaringan dalam keadaan hidup, listrik menyala.
2. Perhatikan Lampu Indikator di Modem Telkom ( HUGHES )
- Pastikan lampu indikator modem menyala semua
( POWER )( SYSTEM )(RECEIVE)(TRANSMIT)(LAN)
- Lampu SYSTEM tidak menyala, menandakan gangguan terjadi pada modem
- Lampu RECEIVE, TRANSMIT tidak menyala, menandakan gangguan pada tansmisi/sinyal satelit
- Lampu LAN tidak menyala, menandakan gangguan terjadi pada koneksi dari modem ke perangkat Router CISCO
bisa diakibatkan oleh :
a. router rusak/mati.
b. Kabel lan rusak/longgar/berkarat/putus.
c. Kerusakan modem.
penanganan : Coba matikan modem selama 20 detik dan nyalakan kembali
3. Lakukan tes koneksi bypass dengan cara sambungkan modem langsung ke PC/laptop dengan terlebih dahulu seting IP Address menjadi IP WAN TELKOM ( IP WAN dapat menghubungi EOS TELKOM)
- matikan FIREWALL PC/Laptop dan Antivirus
- lakukan tes ping ke IP WAN TELKOM dan tes ping IP server pusat (aplikasi, email, dns) dan beritahukan hasil ping tersebut.
Help Topics:
Last Updated 4 years ago